07 June 2016

8 Tips dan Pengetahuan Dasar Tentang SEO

Tips SEO Blog
SEO tips


Bagi yang sudah paham tentang dunia blogging pasti sudah tidak asing lagi dengan kata atau istilah SEO (Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari). Sangat banyak kita temui blog yang memberikan tips seputar SEO. Memang SEO ini sangat penting untuk kemajuan sebuah blog. Dengan menerapkan SEO yang tepat maka manfaatnya akan sangat baik bagi kemajuan blog itu sendiri. Penerapan SEO yang tepat bisa membuat blog mendapat peringkat yang lebih baik di mata Search Engine atau Mesin Pencari, begitu juga di mata pengunjung.

Untuk penerapan SEO memang cukup sulit bagi para newbie atau pemula yang baru saja memasuki dunia blogging, termasuk saya sendiri. Ada begitu banyak strategi dan metode yang harus kita pelajari terkait masalah SEO ini, setelah mempelajari kita juga harus mempraktekkan untuk melihat hasilnya. SEO bisa kita artikan sebagai sebuah strategi atau metode tertentu yang kita terapkan pada blog dengan tujuan agar blog disukai dan sesuai dengan cara kerja Search Engine atau Mesin Pencari, contohnya Google dan Bing. Karena itulah SEO memiliki peran yang sangat penting bagi kemajuan blog.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi beberapa tips dan pengetahuan dasar tentang SEO yang mungkin bisa berguna bagi teman-teman yang sedang belajar tentang SEO untuk Blog, khususnya Blogspot. Silahkan simak baik-baik beberapa tips SEO dasar berikut ini.



1. Custom Robots.txt

Sadar atau tidak, semua Search Engine atau Mesin Pencari sebenarnya bekerja dengan algoritma tertentu. Search Engine atau Mesin Pencari ini membutuhkan beberapa ijin untuk merayapi blog atau website kita. Dan yang bertugas untuk merayapi blog atau website adalah Bot, untuk Google adalah Google Bot. Sedangkan Custom Robot.txt adalah sebuah struktur yang berisi bagian mana saja pada blog atau website kita yang boleh dan tidak boleh dirayapi oleh Bot dari Search Engine atau Mesin Pencari tadi.

Untuk melihat Custom Robots.txt kalian bisa melihatnya dengan cara membuka Dashboard pada Blogger => Setting => Search Preferences. Kemudian lihat daftar yang ada disitu,  cari tulisan Crawlers and indexing. Disitu kalian akan melihat Custom robots.txt. Bagi teman-teman yang kurang begitu mengerti sebaiknya untuk tidak merubah setting default nya karena jika ada kesalahan bisa mengakibatkan blog atau website tidak terindeks oleh Search Engine atau Mesin Pencari.


2. Custom robots header tags

Berikutnya masih berhubungan dengan Custom robots.txt, yaitu Custom robots header tags. Custom robots header tags berfungsi untuk menandai dan memberi beberapa ijin untuk Google Bot (Google) dalam merayapi postingan atupun Header Tag pada blog atau website kita. Letak Custom robots header tags ada dibawah Custom Robots.txt.

Sama halnya dengan Custom Robots.txt, jangan merubah setting default pada menu ini jika tidak paham karena bisa menyebabkan blog kalian tidak akan terindeks oleh mesin pencari.


3. Meta Tags

Meta Tags juga ada pada bagian Search Preferences. Pilihan ini berfungsi untuk memberikan penjelasan tentang blog atau website kita. Kalian bisa memberikan penjelasan tentang blog kalian dengan singkat pada pilihan ini. Misalnya saja “Artianblog adalah sebuah blog yang membahas tentang tips blog, SEO, Bisnis Online dan cara mendapat uang dari internet”. Jika ingin memberi kata kunci penelusuran untuk setiap postingan kalian bisa menulisnya di opsi Search Preferences pada saat menulis artikel. Tulislah kata kunci yang sesuai dengan blog atau artikel kalian, hal ini bisa meningkatkan skor SEO blog.


4. Template SEO Friendly

Sekarang kita berbicara tentang template. Kenapa template berhubungan dengan SEO? Template dengan navigasi yang baik sangat dianjurkan oleh Google. Dengan navigasi yang baik maka akan memudahkan Search Engine atau Mesin Pencari untuk merayapi blog kita. Navigasi yang baik juga sangat membantu pengunjung untuk menjelajah blog atau website kita. Kalian bisa mencari template SEO Friendly di website-website yang menyediakan template secara gratis. Setelah menerapkan template SEO Friendly kalian harus menyesuaikan beberapa settingnya agar sesuai dengan blog kalian.


5. Template Responsive

Untuk poin ke lima ini bisa dikatakan memiliki peran yang sangat penting dalam hal SEO. Bahkan Google sangat menyarankan agar semua blog atau website untuk segera  menggunakan template responsive. Kenapa kita harus menggunakan template responsive? Apa alasannya?

Seiring dengan kemajuan teknologi, khususnya dalam bidang internet dan mobile device atau perangkat mobile seperti Tablet dan Smartphone. Saat ini jumlah pengguna mobile device sangat besar, hampir semua orang di sekitar kita sudah memiliki tablet atau smartphone. Akses internet saat ini bisa dibilang sudah hampir merata bahkan di daerah pelosok sekalipun sudah ada akses internet.

Dengan melihat fakta ini kita sudah bisa menghubungkan dua hal tersebut, yaitu internet dan Mobile Device (Perangkat Mobile). Saat ini lebih dari 50% orang mengakses internet dari perangkat mobile (tablet dan smartphone).  Tidak sama dengan beberapa tahun lalu ketika sebagian besar orang mengakses internet hanya dari Desktop. Saat ini, dengan semakin besarnya pengguna mobile device inilah kita diharuskan untuk menggunakan template yang responsive (Mobile Friendly) pada blog atau website kita agar pengunjung yang mengakses blog kita dengan menggunakan perangkat mobile merasa nyaman. Tentunya kita tidak ingin kehilangan peluang mendapat banyak pengunjung dari pengguna mobile device ini.

Jadi segera ganti template blog kalian dengan template yang responsive agar tampilan blog kalian bisa menyesuaikan dengan tampilan layar pengguna Mobile Device dan bisa memberikan pengalaman yang User Friendly. Banyak website yang menyediakan template responsive secara gratis.


6. Judul yang menarik dan relevan

Saat membuat artikel, pemilihan judul sangat penting. Usahakan untuk memberi judul yang menarik pada artikel kalian, tetapi perlu diperhatikan bahwa judul harus sesuai dengan isi konten atau artikel. Jangan membuat judul yang terlalu panjang, usahakan untuk membuat judul yang tidak terlalu panjang tetapi sudah mewakili isi artikel kalian secara keseluruhan.


7. Internal Link

Apa itu Internal Link?
Internal Link adalah link yang menuju ke alamat lain di dalam blog tau website kita. Biasanya penerapan internal link ini disisipkan di tengah atau di bagian belakang artikel. Contohnya adalah link artikel yang masih berhubungan dengan artikel yang sedang dibaca pengunjung. Internal link bisa meningkatkan skor SEO blog atau website kalian. Internal link juga bisa menurunkan tingkat Bounce Rate. Jadi manfaatkan hal ini dengan sebaik-baiknya demi kemajuan blog.


8. Custom Page Not Found

Apa itu Page Not Found? Page Not Found atau Halaman Tidak Ditemukan adalah sebuah halaman yang memberi tahu pengunjung jika ada salah satu halaman pada blog atau website kita yang sudah hilang. Biasanya page not found atau halaman tidak ditemukan terjadi ketika ada salah satu halaman pada blog atau website yang sudah dihapus. Saat ada pengunjung yang membuka halaman yang sudah tidak ada atau sudah dihapus maka pengunjung akan dialihkan secara otomatis ke page not found atau halaman tidak ditemukan. Saran saya berikan tombol back atau kembali pada halaman yang tidak ditemukan. Atau kalian bisa juga memberi link untuk kembali ke halaman utama blog.



Itulah beberapa tips dan pengetahuan dasar tentang SEO yang bisa saya bagikan dan mungkin bisa membantu teman-teman yang masih belum paham dalam menerapkan strategi SEO untuk blog. Apakah hanya itu saja tips SEO? Jawabannya tentu tidak. Masih banyak penerapan SEO yang bisa kita gunakan demi kemajuan sebuah blog atau website. Tetapi setidaknya beberapa penjelasan diatas bisa memberikan sedikit gambaran tentang penerapan SEO yang memang relatif sulit bagi kita yang masih tergolong baru dalam dunia blogging.

Semoga tulisan sederhana ini bisa memberi manfaat bagi pegunjung blog ini. Jika ada yang memiliki saran dan pendapat tentang masalah SEO silahkan sampaikan melalui komentar. Terima kasih.

SEBELUMNYA
SELANJUTNYA

Seorang yang menyukai Blog dan Internet

0 komentar: