23 June 2016

10 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Blogger

hal yang tidak boleh dilakukan
Hal yang tidak boleh dilakukan oleh seorang blogger


Menjadi seorang Blogger memang relatif menyenangkan jika kita ingin berbagi tentang informasi yang kita ketahui dengan orang lain. Kita bebas menulis artikel semau kita tanpa ada yang melarang. Ini berlaku untuk blog personal atau blog milik pribadi dengan catatan tidak bertujuan untuk mendapatkan uang atau Dolar dari internet. Lain halnya jika tujuan kita membuat blog adalah untuk mendapatkan uang atau Dolar dari internet. Ada begitu banyak panduan, tips, dan tutorial yang bertebaran di internet untuk menjadi seorang Blogger yang sukses, kebanyakan adalah tentang SEO atau Search Engine Optimization dan bisnis online.

Namun selain ada begitu banyaknya panduan dan tips bagi Blogger, ada juga beberapa hal yang seharusnya tidak dilakukan oleh seorang Blogger. Lalu apa saja hal-hal yang tidak boleh dilakukan itu? Simak penjelasannya dibawah ini


1. Jangan berharap semuanya bisa didapatkan secara instan

Tidak bisa dipungkiri bahwa memang umumnya kita cenderung menyukai sesuatu yang instan, ini adalah hal yang manusiawi. Namun jika anda membuat blog dengan tujuan untuk mendapatkan atau mencari uang dari internet maka segera hilangkan anggapan bahwa mencari uang dari internet itu bisa dengan sangat cepat dan instan. Mencari uang dari internet (khususnya blog) normalnya tidak bisa secepat itu.

Ada begitu banyak hal yang harus kita lakukan terlebih dahulu sebelum akhirnya kita mulai menikmati hasil dari blog kita. Yang paling utama adalah konsisten dan sabar, mengingat monetisasi blog atau bisnis online adalah usaha jangka panjang. Konsisten membuat artikel atau konten yang bermanfaat, serta sabar dalam membangun blog kita. Semua itu butuh waktu dan tidak bisa kita dapatkan secara instan. Kecuali jika anda mendapat hadiah atau menang kuis yang ada di internet.

Jadi sekali lagi, mulai sekarang hilangkan anggapan bahwa mendapat uang dari blog itu bisa dengan cepat dan instan.

Baca: 5 Cara Terbaik Untuk Mendapat Uang Dari Internet dan Blog


2. Jangan mengabaikan pembaca atau pengunjung

Blog bukan hanya tentang kepentingan kita, ada pihak lain yang tidak kalah penting selain kita sebagai pemilik blog. Siapa itu? Mereka adalah pembaca atau pengunjung blog. Blog bisa kita ibaratkan sebagai sebuah restoran. Kita (pemilik blog) adalah manager. Konten atau artikel adalah menu yang kita sediakan. Pembaca atau pengunjung adalah konsumen yang datang ke restoran kita.

Dari sini kita sudah bisa membuat kesimpulan bahwa pembaca atau pengunjung blog itu adalah orang penting. Jika salah satu atau beberapa pengunjung blog ada yang berkomentar di salah satu artikel atau konten pada blog kita maka sangat dianjurkan kita untuk membalas komentar mereka, kecuali komentar yang melanggar ketentuan.

Jika ada yang bertanya seputar artikel yang ada pada blog sebaiknya kita langsung membalas komentar mereka dengan baik. Dengan begini kita sudah menciptakan kesan ramah bagi pembaca atau pengunjung. Selain itu pengunjung juga akan merasa senang berkomentar karena pemilik blog orangnya komunikatif. Jika kita tidak membalas komentar pembaca maka pengunjung bisa menyimpulkan bahwa blog kita tidak diurus.

Dengan berinteraksi dengan pembaca kita juga bisa mendapat referensi untuk membuat artikel baru dengan mengambil informasi dari komentar pembaca, khususnya komentar yang sifatnya memberikan pertanyaan dan saran. Jadi mulai sekarang berusahalah untuk berinteraksi dengan pembaca dan jangan pernah mengabaikan mereka.


3. Jangan menyalin konten blogger lain

Dari dulu hingga sekarang, kasus copy-paste konten memang masih sangat sering terjadi dalam dunia blogger. Masih banyak blogger pemalas yang seenaknya saja mengcopy atau menyalin artikel milik orang lain tanpa ijin. Memang ada pemilik artikel yang mengijinkan artikel atau konten nya untuk disalin, tetapi dengan syarat bahwa penyalin harus menyertakan sumber dari pemilik artikel yang asli. Memang ada kalanya seorang blogger kehabisan ide untuk membuat artikel baru, tetapi bukan berarti kita harus menyalin (copy-paste) artikel dari blog lain.

Saya sendiri juga sering kehabisan ide dalam membuat artikel baru. Saat saya mengalami masalah ini, biasanya yang saya lakukan adalah keluar ruangan untuk sekedar mencari udara segar dan me-refresh pikiran. Setelah melakukan ini biasanya ide-ide baru akan muncul dengan sendirinya di kepala saya. Selain itu saat kehabisan ide saya biasanya juga berkunjung ke blog lain untuk sekedar baca-baca judul artikel, hal ini juga efektif bisa memunculkan ide.

Jadi jangan pernah menyalin konten milik orang lain. Sering-seringlah membaca artikel untuk belajar. Resiko jika menyalin (copy-paste) artikel tanpa ijin bisa membuat blog anda mendapat hukuman dari Google. Resiko lainnya adalah jika artikel hasil copy-paste tadi membahas tentang sesuatu yang tidak anda pahami. Jika ada pembaca yang bertanya seputar artikel tersebut sudah tentu anda akan kesulitan memberikan penjelasan bagi pembaca. Hal ini akan membuat nilai blog anda turun di mata pembaca.


4. Jangan anggap bahwa promosi itu tidak penting

Sedikit berhubungan dengan poin yang pertama bahwa blog tidak bisa sukses secara instan. Jangan kira mempunyai blog dan beberapa artikel saja sudah cukup untuk membuat blog kita sukses atau ramai pengunjung. Jika hanya itu saja, mungkin pengunjung terbanyak blog kita adalah kita sendiri. Untuk membuat setidaknya blog yang ramai pengunjung, salah satunya adalah dengan cara promosi.

Kita bisa memanfaatkan berbagai macam media social yang ada untuk melakukan promosi, misalnya Facebook, Twitter, Instagram, DLL. Dengan melakukan promosi maka peluang blog untuk mendapatkan banyak pengunjung akan lebih besar.

Promosi itu penting. Jika promosi tidak penting, maka tidak akan ada iklan di televisi. Bahkan mungkin Google AdSense juga tidak akan pernah ada. Jadi promosikan blog anda sesering mungkin.


5. Jangan meniru blogger lain

Memang pada kenyataannya kita sebagai seorang Blogger sudah sangat sering melakukan atau meniru tips serta saran dari Blogger senior yang sudah lebih dulu sukses. Tetapi disini yang saya maksudkan bukan masalah itu, melainkan lebih ke ciri khas kita sendiri. Tunjukkan ciri khas dan karakter anda dalam menulis dan mengelolah blog. Jangan malu untuk menjadi berbeda.

Ketahuilah bahwa sesuatu yang berbeda lebih gampang diingat oleh seseorang. Misalnya dalam membut artikel, jika pembahasan artikel anda sama dengan artikel orang lain, setidaknya sampaikan dengan menggunakan gaya bahasa anda sendiri. Be Unique, Be Yourself.


6. Jangan berhenti membuat artikel atau konten baru

Bagi mereka yang sering membuat blog sudah tentu pernah mengalami yang namanya jenuh dan malas update artikel. Berbeda dengan saat awal membuat blog dulu dimana satu hari bisa menerbitkan 3 sampai 5 artikel original. Ini adalah hal yang manusiawi. Jujur saja, menurut saya menerbitkan artikel atau konten secara rutin itu sangat berat. Semoga saja kalian termasuk orang yang mempunyai semangat yang sangat tinggi dalam membuat artikel original secara rutin.

Jika saya ditanya “Apakah hal yang paling sulit dalam mengelolah blog?”
Dengan tegas saya akan menjawab “KONSISTEN”

Untuk mengatasinya saya membuat jadwal setidaknya 1 hari 1 artikel. Atau kalau sedang agak malas 1 minggu 1 artikel. Jangan pernah berhenti menerbitkan artikel baru agar blog anda lebih disukai oleh mesin pencari, terutama Google dan Bing. Dengan rutin dan teratur menerbitkan artikel atau konten baru maka blog anda akan terlihat lebih hidup.


7. Jangan mengabaikan SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau Pengoptimalan Mesin Pencari. Inilah faktor yang paling penting sebagai penunjang sukses tidaknya sebuah blog. Jika anda adalah seorang Blogger pemula atau newbie, berusaha lah untuk setidaknya mempelajari dasar-dasar penerapan SEO yang baik dan benar. Saran saya jangan terburu-buru dalam mempelajari dan menerapkan SEO, lakukan saja dengan bertahap.

Juga jangan terlalu sibuk mengurus SEO, ada hal lain yang juga tidak kalah penting dengan SEO, yaitu update artikel atau konten. Pintarlah dalam membagi waktu antara mempelajari SEO dengan update artikel. Jika bisa melakukan 2 (dua) hal ini dengan seimbang maka membuat blog anda sukses dan ramai pengunjung hanyalah tinggal menunggu waktu. Bahkan bukan sesuatu yang tidak mungkin jika semua artikel anda berada di posisi teratas hasil pencarian dari mesin pencari Google dan Bing (SERP).

10 Tips Agar Artikel Blog Lebih SEO Friendly



8. Jangan seenaknya mengambil gambar dari internet

Kita tahu bahwa semua Search Engine menyediakan pencarian gambar. Hal ini sangat memudahkan kita untuk mencari gambar dari internet. Dengan hanya sekali klik maka Search Engine akan menampilkan ribuan bahkan jutaan gambar yang ada di internet. Tetapi ada satu hal penting yang harus kita ketahui, khususnya bagi seorang Blogger. Tidak semua gambar yang ada di internet bisa kita ambil begitu saja. Beberapa dari gambar-gambar itu memiliki hak cipta. Sebagai seorang Blogger kita tidak boleh begitu saja menggunakan gambar tersebut untuk kepentingan blog kita, apalagi jika akan kita gunakan untuk kepentingan komersil.

Kita hanya boleh menggunakan gambar yang bebas untuk kepentingan komersil untuk kepentingan blog (free for commercial use). Khususnya bagi mereka yang ingin mendapatkan uang dari Google AdSense, mulai sekarang gunakanlah gambar yang free untuk kepentingan blog. Jika blog kalian ketahuan menggunakan gambar yang memiliki hak cipta, maka akun Google Adsense kalian bisa kena Banned.

Rekomendasi: 5 Website Penyedia Gambar Gratis dan Terbaik Untuk Blog


9. Jangan meremehkan jaringan

Sama halnya dengan manusia, sebagai seorang Blogger kita tidak bisa hidup sendiri. Kita membutuhkan jaringan atau komunitas sesama Blogger. Dengan adanya komunitas kita bisa menambah ilmu tentang dunia blogging, mungkin tips dan saran dari para senior atau blogger lain yang lebih paham tentang blog. Kita juga bisa meminta bantuan saat kita mendapat masalah pada blog kita. Selain itu kita juga bisa menambah teman. Jadi carilah jaringan atau komuitas sesame Blogger. Bisa mencari di forum atau gruo Facebook, atau bisa juga membangun komunitas sendiri di wilayah tempat asal kalian.


10. Jangan membuat tampilan blog menjadi buruk

Untuk poin nomor 10 (sepuluh) ini berhubungan dengan tampilan dan template blog. Jangan memasang terlalu banyak widget yang tidak penting pada blog kalian. Terlalu banyak widget hanya akan menyulitkan pembaca dalam menjelajah blog kalian. Pasanglah widget yang penting saja seperti artikel popular, arsip blog, dan kategori. Perhatikan juga navigasi pada blog kalian. Bahkan Google AdSense sering menolak pendaftaran blog dengan alasan navigasi yang buruk. 

Selain itu gunakan template yang simple, fast loading, responsive, dan mobile friendly. Banyak website yang menyediakan template gratis dengan fitur premium. Pintar-pintarlah memilih template yang sesuai dengan tema atau niche blog kalian. Semakin tampilan blog kalian enak dipandang, maka pengunjung akan semakin betah berlama-lama untuk menjelajah blog kalian. Hal ini juga bisa menurunkan prosentase Bounce Rate.


Itulah 10 hal yang tidak boleh dilakukan oleh seorang Blogger. Jika pembaca ada yang punya pendapat lain silahkan sampaikan melalui komentar. Demikian artikel kali ini, semoga bisa memberi manfaat. Terima kasih.



SEBELUMNYA
SELANJUTNYA

Seorang yang menyukai Blog dan Internet

0 komentar: