25 June 2016

Cara Agar Konsisten Update Artikel Blog

Cara produktif membuat artikel blog
Cara konsisten menulis artikel

Biasanya bagi seorang Blogger yang sedang mengembangkan blog yang masih baru mempunyai semangat yang sangat tinggi. Dengan semangat yang tinggi ini mereka bisa membuat 3 (tiga) sampai 5 (lima) artikel per hari, bahkan bisa lebih. Tetapi seiring berjalannya waktu semangat itu terkadang menurun bahkan hilang. Akhirnya blog mereka tidak update artikel dalam waktu yang lama. Padahal untuk meningkatkan dan menjaga kemajuan blog adalah dengan konsisten mengupdate artikel.

Semakin sering dan semakin lama sebuah blog mengupdate artikel, maka rangking blog tersebut akan cepat naik. Inilah yang menurut saya masalah terberat yang harus dihadapi oleh seorang Blogger. Konsisten mengupdate artikel itu tidak mudah.

Lalu adakah cara agar konsisten update artikel pada blog? Jawabannya “Ada

Cara termudahnya adalah dengan menggunakan jasa penulis. Dengan menggunakan jasa penulis maka kita bisa konsisten untuk update artikel blog. Tapi disini saya tidak akan menyarankan kalian untuk menggunakan jasa penulis, karena sudah tentu membutuhkan biaya untuk membayar si penulis, kecuali jika kalian punya banyak uang atau punya kenalan yang rela membuatkan artikel atau konten blog secara gratis. Disini saya hanya akan berbagi kiat atau tips agar kalian bisa konsisten update artikel di blog. Konsisten atau tidaknya nanti tergantung dari kalian masing-masing dalam penerapannya.

Rekomendasi: Cara Agar Blog Ramai Pengunjung


Baiklah silahkan simak bagaimana cara agar konsisten apdate artikel blog berikut ini:


1. Buat artikel atau konten yang kalian suka

Blog bisa dikatakan adalah sebuah project jangka lama. Kedepannya kalian tentu harus membuat banyak artikel atau konten untuk blog kalian. Karena itulah membuat konten atau artikel yang kalian sukai itu akan sangat membantu. Jika sudah suka, tentu saat membuat artikel atau konten kalian akan merasa lebih enjoy dan santai tanpa beban. Karena kalian memang membuat artikel atau konten yang kalian sukai.

Hal ini akan sangat membantu kalian untuk tetap konsisten update artikel pada blog kalian. Janganmemaksa unutk membuat konten yang sebenarnya tidak kalian sukai. Hal ini bisa membuat kegiatan blogging kalian berhenti ditengah jalan. Pikirkan baik-baik tentang masalah ini.


2. Buatlah artikel atau konten yang benar-benar kalian kuasai

Selain mmbuat artikel yang disukai, ada lagi tips agar kalian bisa konsisten update artikel di blog. Buatlah artikel atau konten yang kalian kuasai. Dengan membuat artikel atau konten yang kalian kuasai, saat membuat artikel kalian tidak akan menemukan banyak kesulitan karena artikel yang sedang kalian buat memang sesuatu yang kalian kuasai. Kalian tidak perlu mencari referensi atau belajar tentang sesuatu yang baru karena artikel kalian adalh tentang sesuatu yang sudah kalian kuasai.

Gabungan dari membuat artikel yang disukai dan dikuasai adalah kombinasi terbaik bagi seorang blogger. Tanpa beban dan tanpa kesulitan. Jadi pikirkan tentang sesuatu yang kalian sukai. Kemudian pikirkan juga sesuatu yang kalian kuasai. Setelah menemukan dua hal tersebut, terapkan dua hal ini kedalam blog kalian.


3. Selesaikan dulu tugas yang lebih penting

Menyelesaikan tugas lain yang lebih penting terlebih dahulu itu penting. Tidak semua blogger itu adalah full time blogger, kebanyakan seorang blogger adalah blogger part time atau pekerjaan sampingan atau sekedar menuangkan hobi. Karena itu prioritaskan untuk menyelesaikan dulu tanggung jawab kalian yang lain. Baru setelah itu kalian bisa fokus untuk membuat artikel atau knten pada blog kalian. Ingat, kegiatan blogging itu sangat fleksibel.

Kita bisa mengurus blok kapan saja kita mau. Entah itu pagi, siang, sore, atau bahkan tengah malam sekalipun. Jangan sampai kegiatan blogging mengganggu kewajiban atau tugas kalian yang lain. Dengan tanpa tanggungan tugas yang lain kalian akan lebih fokus untuk mengurus blog nantinya.


4. Biasakan untuk membaca

Memang tidak ada bukti yang jelas, tetapi jika seseorang sering membaca maka seseorang tersebut akan lebih mudah dalam menyampaikan sesuatu. Ini sangat penting bagi kalian yang seorang blogger dimana sebagian besar yang kalian lakukan adalah menyampaikan sesuatu kepada pembaca atau pengunjung blog atau website. Entah itu dalam bentuk tulisan atau video presentasi.

Dengan terbiasa membaca maka kemampuan kalian untuk menulis akan lebih baik, selain itu kalian akan menjadi seorang yang kominikatif. Manfaat lain dari kebiasaan membaca adalah dapat menambah wawasan. Saya rasa hal ini tidak perlu dijelaskan lagi. Semakin sering membaca, maka semakin luas waawasan dan pengetahuan yang kalian miliki.


Klik untuk dibaca nanti: 10 Tips Agar Artikel Blog Lebih SEO Friendly



5. Membuat artikel atau konten disaat yang tepat

Sekali lagi saya ingatkan. Ngeblog adalah kegiatan yang sangat fleksibel, bisa dikerjakan kapan saja terserah kita. Begitu juga dalam membuat artikel, jangan terburu-buru membuat artikel jika waktunya kurang tepat. Kalian bisa mulai mebuat artikel saat pikiran kalian sedang santai atau mood kalian sedang baik. Dengan begini kualitas artikel atau konten kalian akan lebih baik.

Saya tentu tidak bisa menyebutkan kapan waktu yang tepat itu, karena ini adalah sesuatu yang relative. Kalian bisa menentukan sendiri kapan waktu yang dirasa tepat untuk membuat artikel atau konten baru. Jika sedang malas atau mood sedang jelek, jangan paksakan untuk membuat artikel. Tunggu saja saat mood kalian sedang baik. Tidak ada yang melarang. Kecuali jika kalian adalah seorang penulis yang sengaja dibayar untuk menulis.


6. Buat konsep terlebih dahulu

Agar mempermudah dan meningkatkan kualitas artikelmu, sebaiknya kalian membuat konsepnya dulu. Bagaimana nanti artikel kalian akan disampaikan. Kalian bisa membuat rancangan terlebih dahulu mulai dari pembuka, isi, dan penutup. Jika sudah membuat dan memiliki konsep, selanjutnya kalian tinggal mengembangkan konsep tersebut menjadi artikel atau tulisan yang lengkap dan utuh.

Usahakan agar tulisan atau artikel kalian nanti mudah dipahami. Gunakan kata dan kalimat yang baik dan benar. Penggunaan kata dan kalimat ini menunjukkan tingkat professional kalian dalam menulis. Saran saya gunakan bahasa yang baik dan benar serta komunikatif.


7. Buatl jadwal

Membuat jadwal itu juga perlu. meskipun mengelolah blog sangat fleksibel, jika kalian ingin konsisten dan produktif dalam update artikel blog maka membuat jadwal sangat saya anjurkan. Kalian bisa membuat jadwal dimana saja. Menulis memo di handphone atau di layar laptop juga bisa. Dengan begini setidaknya akan sedikit memotivasi kalian dalam membuat artikel, serta memimbulkan sedikit rasa tanggung jawab dan belajar disiplin. Kalian bisa menentukan sendiri kapan artikel kalian harus selesai dan segera diposting ke blog kalian masing-masing.

Jangan membebani diri sendiri dengan target artikel yang sangat banyak dalam kurun waktu yang relative singkat. Ini hanya akan menambah beban kalian. Saya rasa tidak perlu menargetkan untuk membuat 5 sampai 10 artikel setiap hari. Menurut saya pribadi, 1 artikel per hari itu sudah banyak. Banyak tidaknya artikel itu tidak terlalu penting menurut saya, yang lebih penting adalah kualitas dari artikel itu sendiri.


Itulah cara atau tips agar konsisten dalam update artikel pada blog yang semoga bisa memberi manfaat bagi pembaca blog yang sederhana ini. Jika teman-teman ada yang punya tips agar bisa konsisten dan produktif dalam update artikel mungkin bisa menyampaikan nya melalui komentar. Terima kasih.

Baca juga: 10 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Blogger

SEBELUMNYA
SELANJUTNYA

Seorang yang menyukai Blog dan Internet

0 komentar: