10 May 2016

Cara Mengatasi Masalah Verifikasi Nomor Telepon Saat Mendaftar Gmail

Gmail
Gmail

Pernahkah anda mengalami masalah saat mendaftar Gmail? khususnya saat verifikasi nomor telepon. Peringatan yang muncul adalah "This phone number has already been used too many times for verification". Atau jika dalam Bahasa Indonesia kira-kira seperti ini "Nomor telepon ini sudah terlalu banyak digunakan untuk verifikasi".

Penulis baru mengalaminya kemarin saat akan membuat akun Gmail baru. Sebelumnya penulis belum pernah mengalami masalah seperti ini, saat verifikasi nomor telepon biasanya lancar-lancar saja. Mungkin masalah ini muncul karena memang nomor yang penulis gunakan sudah terlalu sering meminta kode verifikasi. Tapi anehnya, ketika penulis memasukkan nomor telepon yang lain peringatan ini masih saja muncul. Sempat mencari solusi dari beberapa artikel yang membahas masalah ini, katanya diminta untuk menghapus Cookies dan Cache pada Browser, kemudian coba daftar lagi. Cara ini langsung penulis praktekkan, dan hasilnya tidak berhasil, peringatan  "This phone number has already been used too many times for verification" masih tetap muncul. Ada juga yang memberikan cara untuk menggunakan jasa pihak ketiga, yaitu dengan menggunakan nomor telepon palsu. Penulis sangat tidak menyarankan untuk menggunakan cara ini. Untungnya pihak Google sudah mengatasi masalah ini, jadi jika menggunakan jasa pihak ketiga sudah tidak bisa lagi menyelesaikan masalah ini.

Sempat bingung dan hampir kehilangan niat untuk membuat akun Gmail baru, akhirnya penulis mencoba untuk memilih opsi kedua pada halaman verifikasi nomor telepon, yaitu "Voice Call". Setelah memilih opsi Voice Call ini, kemudian klik "Continue". Dan hasilnya sungguh melegakan, beberapa detik setelahnya handphone penulis mendapat panggilan berupa Voice Call dari pihak Gmail yang berisi kode verifikasi untuk mengaktifkan akun Gmail yang penulis buat. Setelah memasukkan kode verifikasi tadi akhirnya penulis sukses membuat akun Gmail baru. Sebagai catatan, nomor telepon yang penulis gunakan disini adalah nomor telepon yang sama dengan nomor telepon yang penulis gunakan pada akun Gmail penulis yang lain. Tetapi sebelumnya penulis belum pernah menggunakan opsi Voice Call saat ingin mendapat kode verifikasi.


Cara verifikasi nomor telepon daftar saat Gmail
Cara mengatasi verifikasi nomor telepon saat daftar Gmail

Jadi bagi teman-teman yang mungkin mengalami masalah yang sama seperti diatas saat akan membuat akun Gmail baru, tidak ada salahnya mencoba menggunakan cara ini, yaitu dengan memilih opsi "Voice Call". Itulah cara mengatasi "This phone number has already been used too many times for verification" saat mendaftar Gmail. Semoga tulisan ini bisa memberi manfaat bagi pembaca. Terima kasih.

.
SEBELUMNYA
SELANJUTNYA

Seorang yang menyukai Blog dan Internet

0 komentar: