23 May 2016

Cara Mengetahui Apakah Blog dan Artikel Sudah Terindeks atau Belum

Cara mengetahui apakah artikel sudah terindeks mesin pencari atau belum
Indeks


Bagi para Blogger, menerbitkan artikel atau postingan merupakan sebuah rutinitas sehari-hari. Setelah menerbitkan artikel atau postingan, biasanya hal pertama yang dilakukan oleh seorang Blogger adalah men-submit blog atau url baru mereka agar cepat terindeks oleh mesin pencari. Terindeks maksudnya adalah bahwa blog atau artikel kita sudah masuk dalam database Mesin Pencari, dalam hal ini adalah Google.

Artikel Rekomendasi: Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Blog

Perlu diketahui bahwa ketika kita membuat dan kemudian menerbitkan sebuah artikel, sebenarnya artikel yang kita terbitkan tadi tidak akan muncul begitu saja pada hasil pencarian Mesin Pencari (Google Search). Perlu beberapa waktu bagi mesin pencari untuk menemukan URL baru kita. Jika Mesin Pencari sudah menemukan URL baru kita (URL blog atau artikel baru) maka Blog atau artikel akan muncul pada daftar hasil pencarian Google, tentunya dengan kata kunci yang sesuai. Inilah yang bisa kita artikan sebagai Blog atau artikel sudah terindeks oleh mesin pencari.


Lalu bagaimana cara mengetahui apakah Blog atau artikel kita sudah terindeks atau belum?

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui hal ini. Cara manualnya adalah dengan mengetik alamat Blog atau link artikel di kolom pencarian Google. Tapi saya berani menjamin bahwa kita akan sangat kesulitan menemukan Blog atau artikel kita, mengingat hasil pencarian Google akan menampilkan ratusan atau bahkan jutaan ribu link dari hasil pencarian kata kunci yang kita ketik di kolom pencarian. Apalagi jika Blog atau artikel kita masih tergolong baru, kemungkinan besar masih berada di halaman ke sekian dari hasil pencarian. Butuh banyak waktu jika menggunakan cara ini.


Adakah cara yang lebih efektif selain cara diatas?ADA !

Sebenarnya caranya sangat mudah, tetapi mungkin masih banyak dari teman-teman yang belum tahu. Inilah cara yang lebih efektif untuk mengetahui apakah Blog atau artikel kita sudah terindeks oleh mesin pencari atau belum:

- Ketik site:alamatblog pada kolom pencarian Google
- Kemudian tekan Enter dan lihat hasilnya

Contoh
site:artianblog.blogspot.com

Inilah hasilnya


Cara mengetahui apakah Blog atau artikel kita sudah terindeks oleh mesin pencari
Terindeks

Dari contoh diatas dapat kita lihat bahwa Blog ini sudah terindeks oleh mesin pencari Google. Disitu kita juga bisa tahu artikel mana saja dari blog ini yang sudah terindeks.

Itulah cara mengetahui apakah Blog dan artikel kita sudah terindeks atau belum. Mudah dan sangat efektif kan?
Demikian untuk postingan kali ini. Semoga bisa memberi manfaat bagi teman-teman sekalian. Terima kasih.


SEBELUMNYA
SELANJUTNYA

Seorang yang menyukai Blog dan Internet

0 komentar: