19 May 2016

Kriteria Konten Blog yang Baik dan Berkualitas

good quality content for blog
Konten baik dan berkualitas

Salah satu aspek yang paling penting dari sebuah blog adalah kualitas dari konten yang ada pada blog itu sendiri. Dengan banyaknya konten yang berkualitas di dalam sebuah blog, maka hal ini akan membuat banyak orang ingin mengunjungi blog kalian. Konten adalah apa yang kita berikan pada pengunjung, konten adalah apa yang dicari oleh pengunjung. Jadi buatlah sebanyak mungkin konten yang baik dan berkualitas.


Lalu apa saja kriteria konten blog yang baik dan berkualitas itu?


1. Judul yang unik dan menarik


Judul konten atau judul artikel adalah bagian pertama yang dilihat oleh kebanyakan orang. Sebuah judul yang unik dan menarik akan membuat siapa saja ingin membaca isi dari judul tersebut.


Pernah kah kalian dengan spontan meng-klik sebuah artikel hanya dari melihat judulnya sepintas saja?


Meskipun pada awalnya kalian tidak ada niatan untuk mencari artikel yang sesuai dengan judul tadi. YA, ini karena judul yang kalian lihat sangat unik dan menarik. Tentu siapa saja tidak perlu berpikir panjang untuk meng-klik dan membacanya.

Inilah potensi yang bisa kalian manfaatkan dari sebuah judul. Buatlah judul yang unik dan menarik, tetapi dengan syarat tetap sesuai dengan isi konten. Jika judul tidak sesuai dengan isi konten, maka hal ini bisa menjadi boomerang bagi kalian sendiri.


Klik untuk membaca nanti: 15 Tips Sukses Mengolah dan Menjalankan Blog


2. Tulisan yang original


Tidak sedikit materi yang dibahas di sebuah blog tetapi juga sudah banyak dibahas di blog yang lain. Wajar saja jika blog yang bersangkutan memiliki niche atau tema yang sama. Tetapi jangan ragu hanya karena materi yang akan kalian bahas sudah banyak dibahas di tempat lain. Lanjutkan untuk membahas permasalahan tersebut.


Meskipun sudah banyak dibahas, tetapi setiap orang memiliki jalan pikiran dan gaya penulisan yang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Tulislah menggunakan gaya penulisan kalian sendiri. Kalau bisa sampaikan dengan cara yang berbeda dan unik.


3. Penekanan pada tulisan


Terkadang tidak semua orang akan membaca semua uraian yang sudah kalian sampaikan melalui tulisan. Beberapa orang hanya akan melihat sekilas dan melihat poin-poin pentingnya saja. Berikan sesuatu yang menonjol pada poin-poin penting yang ada pada tulisan kalian. Bisa dengan gambar, bisa dengan menebalkan kata ataupun kalimat, atau bisa juga dengan memberi warna font yang berbeda pada kata atau kalimat yang penting.


4. Berikan gambar yang relevan dan menarik


Sebagian besar orang lebih menyukai tulisan yang disertai gambar pendukung. Tulisan tanpa disertai gambar bukan berarti tulisan itu tidak bagus. Tetapi perlu diketahui bahwa tulisan yang disertai gambar pendukung yang relevan akan memiliki nilai plus tersendiri dari segi visual.


Jadi usahakan untuk memberi gambar pendukung yang relevan dengan tulisan kalian. Perhatikan juga ukuran gambar yang akan kalian gunakan, jangan gunakan gambar dengan ukuran yang besar karena akan menambah berat loading blog/website kalian.

Artikel Rekomendasi: 5 Website Penyedia Gambar Gratis dan Terbaik Untuk Blog



5. Materi yang bermanfaat


YA, untuk yang terakhir ini sepertinya memang suatu kewajiban!


Saya berani bertaruh jika konten atau postingan kalian tidak bisa memberi manfaat untuk pengunjung/pembaca maka akan sia-sia kalian menerbitkan konten tersebut, bahkan postingan kalian akan sangat sulit untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.

Mulailah mencari ide untuk membuat konten/postingan yang bisa memberi manfaat bagi pengunjung blog kalian. Kalian bisa mendapatkan ide atau inspirasi dengan cara berkomunikasi dengan pengunjung blog melalui komentar. Bisa juga dengan cara research keyword atau kata kunci yang paling banyak digunakan.



Itulah beberapa kriteria konten blog yang baik dan berkualitas menurut kesimpulan penulis. Jika dari teman-teman punya kriteria selain yang sudah saya sebutkan diatas, silahkan sampaikan melalui komentar agar bisa saya jadikan referensi juga :)


Terimakasih.

Baca juga: Lakukan Beberapa Langkah Ini Agar Blog Anda Lebih Profesional



SEBELUMNYA
SELANJUTNYA

Seorang yang menyukai Blog dan Internet

0 komentar: