11 May 2016

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Blog

Membuat Blog Baru
Membuat Blog

Apakah anda sedang berniat untuk membuat sebuah Blog? Lalu apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membuat sebuah Blog?


Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda membuat sebuah Blog.


Klik untuk membaca nanti: 15 Tips Sukses Mengolah dan Menjalankan Blog

1. Menentukan Tujuan



Tujuan Blog
Tujuan Blog

Hal ini tentu sudah jelas. Jika anda akan membuat sebuah blog, sudah seharusnya anda menentukan untuk apa tujuan Blog tersebut dibuat nantinya. Jika tujuan anda membuat Blog hanya sekedar untuk menulis catatan atau pengalaman pribadi maka anda tidak perlu repot-repot mengoptimalkan blog dalam hal SEO. Anda hanya perlu membuat Blog, kemudian anda tinggal mulai menulis catatan atau pengalaman pribadi anda, dan kemudian memposting hasil tulisan anda di Blog.


Tetapi jika tujuan anda membuat Blog lebih dari sekedar menulis, misalnya untuk mendapatkan uang atau Dollar dari internet, maka akan ada banyak hal yang harus anda lakukan nantinya. Mulai dari optimasi Blog atau sering disebut dengan SEO (Search Engine Optimization), membuat konten atau artikel yang menarik dan bermanfaat, kemudian mendaftar Google Adsense agar Blog anda bisa menghasilkan uang. Untuk masalah SEO pada Blog ataupun menghasilkan uang dari blog atau internet akan ada banyak artikel yang akan saya buat nantinya di Artianblog ini.

2. Melihat Passion, Bakat, atau Pengetahuan yang Anda Miliki



Passion anda
Passion

Maksudnya disini adalah melihat "sesuatu yang lebih" yang ada pada diri anda. Coba anda berpikir sejenak, apa passion anda? bakat atau potensi apa yang ada pada diri anda? pengetahuan tentang apa yang anda kuasai?


- Passion

Normalnya, semua orang pasti memiliki passion. Passion bisa diartikan sebagai sesuatu yang kita sukai. Jadi apa passion anda?
- Bakat
Coba anda lihat diri anda sendiri. Bakat atau potensi apa yang ada pada diri anda?
- Pengetahuan
Coba anda pikirkan, pengetahuan tentang apa yang anda kuasai?

Sadar ataupun tidak, tiga poin diatas memiliki pengaruh yang sangat besar jika anda akan membuat sebuah Blog. Jika Blog anda memiliki tema yang sesuai dengan salah satu dari tiga poin diatas, maka anda tidak akan kesulitan dalam membuat konten Blog nantinya. Bagaimana bisa tiga poin diatas bisa memudahkan anda dalam mengolah Blog?


3. Menentukan Niche atau Tema Blog



Niche Blog
Niche/Tema

Artikel Rekomendasi: 5 Website Penyedia Gambar Gratis dan Terbaik Untuk Blog

Misalnya saja anda memiliki pengetahuan yang luas dalam bidang Wisata dan Kuliner. Buat saja Blog dengan niche atau tema Wisata dan Kuliner. Atau jika anda memiliki passion dalam bidang Fashion, buat saja Blog dengan niche/tema Fashion. Dengan tema yang sesuai dengan Passion, Bakat, atau Pengetahuan yang anda miliki, maka nantinya anda tidak akan menemui kesulitan dalam membuat artikel atau konten Blog.


Anda tidak perlu repot-repot mencari referensi saat membuat artikel, karena referensinya sudah ada pada diri anda. Hal ini juga akan sangat membantu pengunjung Blog anda jika dari mereka ada yang bertanya mengenai sesuatu yang berhubungan dengan niche/tema Blog anda. Dengan mudah anda akan bisa menjawab berbagai pertanyaan dari pengunjung Blog anda. Keuntungan lainnya adalah Blog anda akan memiliki pengunjung atau pembaca yang tetap, karena niche/tema Blog sesuai dengan apa yang dicari oleh pengunjung Blog anda.

4. Menentukan Nama dan Alamat Blog



Menentukan Alamat Blog Anda
Alamat Blog
Baca juga: Lakukan Beberapa Langkah Ini Agar Blog Anda Lebih Profesional

Setelah anda memperhatikan tiga hal diatas, sekarang saatnya anda menentukan nama/judul dan alamat Blog anda. Pikirkanlah nama atau judul yang mudah diingat dan sesuai dengan niche atau tema Blog anda. Sedangkan untuk alamat Blog, saya sarankan jangan terlalu panjang karena hal ini akan sedikit memakan waktu saat seseorang mengetik alamat Blog anda di kolom Search Engine Google. Saat membuat alamat Blog nanti, ini akan menjadi tantangan bagi anda karena alamat Blog dengan nama yang singkat dan menarik kebanyakan sudah terdaftar di Blogger. Kreasikan saja ide anda saat menentukan alamat Blog.


Jika anda sudah memperhatikan beberapa hal diatas, selanjutnya anda tinggal membuat dan kemudian menjalankan Blog anda. Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum membuat sebuah Blog. Terima kasih.



SEBELUMNYA
SELANJUTNYA

Seorang yang menyukai Blog dan Internet

2 comments: