14 May 2016

Cara Mengetahui (Tes) Tingkat Responsive Template Blog

Cara tes dan mengetahui tingkat responsive template
Responsive

Bagi para blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya template. Template bisa dianggap sebagai tema yang digunakan oleh sebuah blog. Sadar ataupun tidak, sebenarnya fungsi dari template bukan hanya untuk mempercantik tampilan sebuah blog ataupun website saja, melainkan jauh lebih penting dari itu.

Bagi mereka yang pernah membuat dan mengolah sebuah blog, hal pertama yang dilakukan pasti sering merubah template blog mereka. Mengganti template ini, kemudian tidak cocok diganti lagi dengan template yang lain. Hal ini juga dialami oleh penulis sendiri. Sebuah blog dengan template yang enak dipandang memang mempunyai nilai tersendiri. Tapi jangan salah, selain enak dipandang, seorang Blogger harus memperhatikan tingkat responsive dari template yang digunakan untuk blog mereka. Akan ironis jika sebuah blog mempunyai template atau tampilan yang mewah tetapi tidak responsive. Karena itulah penulis mempunyai keinginan untuk membuat postingan ini.

Sebelumnya penulis akan menjelaskan sedikit mengenai "Apa itu template responsive?"

Template responsive adalah sebuah template yang mampu menyesuaikan lebar tampilan sesuai dengan lebar layar pada device yang sedang  membuka blog/web yang bersangkutan. Jika masih kurang jelas silahkan lihat gambar dibawah ini

Mobile Responsive  Score 99/100


Mobile responsive
Mobile

Desktop Responsive Score 99/100



Desktop responsive
Desktop

User Experience Score 100/100

Responsive template
User Expreience


Pada gambar diatas terlihat bahwa template yang digunakan Artianblog ini terbukti adalah sebuah template yang responsive, bahkan score nya mencapai 99/100 untuk Mobile, 99/100 untuk Desktop, dan 100/100 untuk User Experience. Dengan ini bisa disimpulkan bahwa template blog ini bisa otomatis menyesuaikan lebar tampilan dengan lebar layar device yang sedang membuka blog ini. Itulah maksud dari sebuah template responsive.

Jadi bagi teman-teman Blogger yang masih bingung memilih template untuk blog nya, penulis menyarankan agar mempertimbangkan tingkat responsive dari template yang akan diterapkan pada blog/website masing-masing.



Kenapa template yang responsive itu penting?

Di jaman yang semakin modern seperti sekarang ini, orang-orang tidak lagi membuka sebuah blog atau website hanya menggunakan desktop ataupun laptop, melainkan juga menggunakan berbagai macam device seperti Tab, Tablet, dan berbagai macam Smartphone yang lain. Bahkan pada tahun 2014 presentase pengguna Mobile Device di Amerika lebih besar dibandingkan dengan pengguna Desktop. 55% pengguna Mobile Device, dan 45% pengguna Desktop. Fakta ini tentu saja sangat penting untuk menjadi pertimbangan bagi para Blogger, apalagi bagi mereka yang memonetisasi blog dengan Google Adsense. Tentu saja akan lebih optimal jika blog/web nya menggunakan template responsive. Karena itu lah sebuah template responsive memiliki peranan yang sangat penting bagi sebuah blog ataupun website agar bisa memberikan pengalaman yang User Friendly.

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui tingkat responsive sebuah template seperti gambar diatas, silahkan tes sendiri disini


Caranya adalah dengan memasukkan alamat blog/website pada kolom yang sudah disediakan, kemudian klik ANALIZE dan tunggu hasilnya. Demikian cara mengetahui tingkat responsive template blog. Semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung blog ini.


SEBELUMNYA
SELANJUTNYA

Seorang yang menyukai Blog dan Internet

0 komentar: