17 May 2016

Lakukan Beberapa Langkah Ini Agar Blog Anda Lebih Profesional

Professional Blog
Professional Blog


Apakah anda mempunyai Blog?
Sudah berapa lama umur blog anda?
Apakah setelah membuat blog anda langsung membuat dan menerbitkan postingan?

Klik untuk membaca nantiHal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Blog

Memang tidak ada yang melarang jika setelah membuat blog anda langsung membuat dan menerbitkan postingan. Namun ada beberapa hal yang perlu anda lakukan sebelumnya demi kebaikan blog anda. Inilah beberapa hal yang perlu anda lakukan setelah membuat Blog dan sebelum memulai untuk membuat dan menerbitkan postingan.

1. Buatlah halaman Tentang (About)


Contoh Halaman Tentang (About)
Contoh Halaman Tentang (About)

Blog seperti halnya sebuah rumah, atau juga sebuah buku ciptaan anda. Jadi sudah seharusnya anda memberikan penjelasan tentang blog anda didalamnya. Segera buat halaman Tentang atau About. Halaman Tentang atau About ini berisi penjelasan mengenai apa saja yang dibahas di blog anda. Dengan begini pembaca/pengunjung akan merasa jelas dengan siapa mereka berinteraksi. Dan juga blog tentang apa yang saat ini sedang mereka kunjungi, hal ini berkaitan erat dengan niche atau tema blog.

2. Buatlah halaman Kontak (Contact)


Contoh halaman kontak atau contact us
Contoh Halaman Kontak

Artikel Rekomendasi: 15 Tips Sukses Mengolah dan Menjalankan Blog

Kontak juga memiliki fungsi yang penting bagi kelangsungan blog anda. Jika anda belum menambahkan halaman Kontak, saya sarankan agar segera membuat halaman Kontak. Mengenai  halaman kontak ini, berikan informasi kontak yang bisa dihubungi jika pengunjung blog ingin menghubungi anda. Anda bisa memberikan alamat Email atau link akun Sosial Media yang anda miliki di halaman Kontak. Atau anda juga bisa memasang Form Kontak yang terhubung dengan Email anda agar anda tidak menerima Spam di kotak masuk Email anda.

3. Buatlah halaman Kebijakan Privasi (Privacy Policy)


Contoh Halaman atau Kebijakan Privasi Privacy Policy
Contoh Halaman Kebijakan Privasi

Halaman Kebijakan Privasi adalah semacam peraturan atau rules yang ada pada blog anda. Halaman ini berfungsi agar para pengunjung blog anda mengetahui dan mematuhi peraturan yang ada di blog anda.

4. Buatlah halaman Pernyataan (Disclaimer)


Contoh Halaman Pernyataan atau Disclaimer
Contoh Halaman Pernyataan

Halaman Pernyataan atau Disclaimer adalah sebuah peringatan yang dibuat oleh Auditor atau pemilik Blog atau Website yang berisi pernyataan dan penyangkalan yang diberikan dengan tujuan perlindungan bagi pemilik blog atau website yang telah membuat pernyataan atau disclaimer. Jadi fungsi halaman Pernyataan ini sangat penting bagi anda si pemilik Blog atau Website.

5. Buatlah halaman Daftar Isi (Sitemap)


Contoh Halaman Daftar Isi atau Sitemap
Contoh Halaman Daftar Isi

Halaman daftar isi dapat memudahkan pengunjung blog untuk melihat dan mencari artikel yang ada pada blog anda. Jadi anda harus segera membuat halaman Daftar Isi agar pengunjung tidak kesulitan dalam mencari artikel yang mereka inginkan. Sekedar informasi, halaman Daftar Isi/Sitemap sangat dianjurkan ada jika anda ingin mendaftarkan blog anda ke Google Adsense.

6. Memillih dan menyesuaikan template

Setelah membuat blog, hal pertama yang anda lakukan tentu saja memilih template untuk blog. Terkadang memilih template memang butuh waktu yang lama, dikarenakan belum ketemu yang cocok. Apalagi jika template yang dipilih adalah template hasil dari download, sudah tentu anda diharuskan untuk menyesuaikan template tadi dengan blog anda.


Template Responsive
Template

7. Menambahkan Widget yang penting (saja)


Widget Blog
Widget


Beberapa widget yang memiliki fungsi penting diantaranya adalah: Entri Populer (Popular Post), Postingan Terkini (Recent Post), Arsip Blog (Blog Archive), Tentang Saya (About Me), dan Kolom Pencarian (Search). Saran saya, pasang widget yang penting-penting saja seperti yang saya sebutkan tadi. Jangan memasang terlalu banyak widget karena bisa menambah berat loading halaman blog anda. Terlalu banyak widget juga bisa membuat blog anda terlihat berantakan dan membuat pengunjung bingung.

Baca juga: 5 Website Penyedia Gambar Gratis dan Terbaik Untuk Blog

Setelah anda membaca dan menerapkan 7 (tujuh) poin diatas, sekarang anda bisa mulai membuat dan menerbitkan artikel. Dengan begitu blog anda sudah terlihat sedikit profesional dan User Friendly di mata pengunjung. Bahkan sudah lebih SEO (Search Engine Optimization)

Sekian untuk postingan kali ini. Semoga bisa memberi manfaat bagi pengunjung blog ini. Terimakasih.

Silahkan tinggalkan komentar jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.

SEBELUMNYA
SELANJUTNYA

Seorang yang menyukai Blog dan Internet

0 komentar: