18 May 2016

Cara Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tool
Google Webmaster Tool

Mungkin dari teman-teman sekalian sudah banyak yang tahu tentang apa itu Google Webmaster Tool? Sekedar informasi saja, barang kali masih ada yang belum mengerti tentang apa itu Google Webmaster Tool. Saya akan mencoba menjelaskan secara singkat apa itu Google Webmaster Tool sesuai pemahaman saya.




“Google Webmaster Tool adalah sebuah panel yang disediakan oleh Google, dimana Google Webmaster Tool ini memiliki fungsi yang sangat penting sebagai penunjang kemajuan sebuah Blog khususnya dalam hal SEO (Search Engine Optimization).” 

Bagaimana? Sudah punya gambaran kan tentang apa itu Google Webmaster Tool?

Klik untuk membaca nanti: Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Blog

Karena fungsinya yang sangat penting inilah maka sangat dianjurkan bagi siapa saja yang memiliki sebuah blog agar segera mendaftar ke Google Webmaster Tool. Beberapa hal yang bisa kita lakukan jika sudah mendaftar Google Webmaster Tool diantaranya adalah kita bisa Submit Sitemaps (Daftar Isi), melihat jumlah konten yang sudah terindeks oleh Google, melihat sumber lalu lintas pengunjung blog dan masih banyak lagi.

Meskipun diluar sana sudah sangat banyak yang memberikan panduan tentang bagaimana cara daftar Google Webmaster Tool, saya rasa tidak ada salahnya jika disini saya juga memberikan panduan bagaimana cara verifikasi Blog ke Google Webmaster Tool. Apalagi hal ini berhubungan dengan artikel/postingan saya yang sebelumnya yaitu: Lakukan Beberapa Langkah Ini Agar Blog Anda Lebih Profesional

Untuk cara verifikasi Blog ke Google Webmaster Tool relatif mudah. Silahkan ikuti saja langkah-langkah dibawah ini.

1. Yang pertama silahkan buka halaman Google Webmaster Tool

Cara Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tool
Add Property

Jika ada perintah untuk Login kalian klik saja Login/Masuk. Setelah masuk halaman Search Console, klik tombol yang bertuliskan "ADD A PROPERTY".
Lihat contoh pada gambar diatas

2. Kemudian akan muncul jendela baru. Disitu silahkan kalian isi dengan alamat atau link Blog kalian. Kemudian klik Continue.
Lihat gambar agar lebih jelas


Cara Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tool
Add Property

3. Setelah itu akan terbuka halaman baru. Pada halaman tersebut, kita akan memilih metode untuk verifikasi blog. Pilih saja HTML tag, lalu klik Show me an example (tulisan yang berwarna biru)



Cara Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tool
Meta Tag



Lihat disitu ada kode meta tag (kode yang saya beri garis hijau), itu adalah kode untuk verifikasi blog. Copy kode tersebut, lalu lihat contoh penempatan pada html blog kalian nanti. Letaknya adalah dibawah <head>. Sampai disini cukup copy saja kode tadi, jangan klik Verify dulu !

4. Setelah kode verifikasi tadi sudah di copy, sekarang buka Dashboard Blogger (halaman Webmaster tadi jangan ditutup/di close). Pilih Template lalu Edit HTML


Cara Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tool
Edit HTML

- Setelah HTML template sudah terbuka, tekan tombol Ctrl+F pada keyboard.
- Ketikkan <head> pada kolom yang muncul di pojok kanan atas. Lihat gambar agar lebih jelas
- Setelah kalian sudah melihat tulisan <head> pada kode template, paste kode verifikasi tadi tepat dibawah tulisan <head>. Lihat gambar
- Setelah kode verifikasi sudah di paste, kemudian klik Save Template. Lihat pada gambar

5. Setelah template sudah tersimpan, sekarang buka halaman Google Webmaster tadi, lalu klik tombol VERIFY yang ada di pojok kiri bawah. Lihat gambar pada poin nomor 3

Jika verifikasi berhasil maka akan muncul seperti gambar dibawah ini



Cara Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tool
Verifikasi Berhasil


Dan ini adalah contoh halaman Google Webmaster Tool yang sudah bisa kita akses

Cara Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tool
Halaman Google Webmaster Tool


Begitulah cara verifikasi Blog ke Google Webmaster Tool. Mudah bukan?
Semoga artikel ini bisa membantu dan memberi manfaat bagi teman-teman Blogger :)
Terimakasih
SEBELUMNYA
SELANJUTNYA

Seorang yang menyukai Blog dan Internet

0 komentar: