25 May 2016

Apa itu SEO dan Beberapa Istilah yang Berhubungan Dengan SEO

Apa itu Search Engine Optimization
SEO


Bagi seorang Blogger yang sudah berpengalaman tentu sudah tidak asing lagi dengan kata SEO atau Search Engine Optimization. Tetapi bagi seorang yang baru saja terjun ke dunia Blogging hampir bisa dipastikan belum mengerti apa itu SEO (Search Engine Optimization). Saya sendiri dulu juga sama sekali tidak paham tentang apa itu SEO. Setelah mencari informasi dari beberapa sumber akhirnya saya sedikit punya gambaran tentang apa itu SEO (Search Engine Optimization).

Disini saya akan mencoba menjelaskan arti dari SEO (Search Engine Optimization) dan juga beberapaistilah yang berhubungan dengan SEO yang mungkin masih ada yang belum mengerti. Berikut simak baik-baik penjelasannya.

Apa itu SEO?


“SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu metode, strategi, dan taktik yang digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web/blog dengan cara mengusahakan web/blog agar tampil di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari (SERP) seperti Google, Bing, Yahoo dan mesin pencari lainnya.”


Klik untuk membaca nanti: Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Blog


Umumnya penguna internet akan membuka link yang ada di bagian paling atas (bukan iklan) dari hasil mesin pencari. Website/blog dengan penerapan SEO yang tepat akan membuat website/blog bisa berada di peringkat paling atas dari hasil pencarian mesin pencari. Tentu saja ini akan membuat peluang website/blog untuk dikunjungi oleh pengguna internet menjadi semakin tinggi.

Dalam hal ini, pengunjung yang datang dari hasil mesin pencari tadi disebut visitor unik atau visitor organik. Semakin banyak pengunjung unik atau pengunjung organik yang mengunjungi sebuah website/blog, maka semakin tinggi peringkat website/blog tersebut dimata mesin pencari. Karena itulah SEO sangat penting bagi kemajuan sebuah website/blog. 

Beberapa istilah yang berhubungan dengan SEO:

1. Pengunjung unik atau pengunjung organik

Pengunjung unik atau pengunjung organik adalah pengunjung yang datang dari hasil mesin pencari. Bingung? Begini contoh sederhana nya:

Misalnya saja anda sedang mencari tentang pengertian apa itu SEO. Kemudian anda memasukkan kata kunci “Apa itu SEO?” di kolom pencarian Google. Dari situ Google akan menampilkan hasil pencarian dari kata yang anda ketikkan tadi. Setelah Google menampilkan daftar artikel yang sesuai dengan kata kunci yang anda ketikkan, maka anda akan mengklik salah satu atau beberapa link yang tampil kan? Kemudian link yang anda klik tadi akan membawa anda menuju website/blog  yang memiliki artikel tentang “Apa itu SEO?”. Nah, disini anda disebut sebagai pengunjung unik atau pengunjung organik.

Untuk mendapatkan Pengunjung unik atau pengunjung organik biasanya yang berpengaruh adalah penggunaan pada kata kunci yang tepat serta konten yang relevan dengan kata kunci yang digunakan.

2. White Hat SEO

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan dalam penerapan SEO. White Hat SEO adalah mereka yang menerapkan strategi, teknik, dan taktik yang benar-benar sesuai dengan aturan dan kebijakan mesin pencari. Misalnya dengan research kata kunci, pengoptimalan loading halaman, konten yang relevan dan masih banyak lagi. Metode seperti ini lah yang disukai oleh mesin pencari dan pengguna internet di seluruh dunia. Biasanya website/blog dengan penerapan seperti ini akan disukai oleh mesin pencari dan memiliki peringkat yang lebih baik. Itulah sedikit penjelasan tentang White Hat SEO.

3. Black Hat SEO

Berbeda dengan White Hat SEO, Black Hat SEO adalah kebalikan dari White Hat SEO. Dalam penerapan SEO nya,  Black Hat SEO menggunakan metode yang melanggar ketentuan dan pedoman dari mesin pencari. Contohnya penggunaan kata kunci yang berlebihan, teks yang tersembunyi, kata kunci yang tidak relevan dengan isi konten, penggunaan script yang otomatis membuat pengunjung membuka link yang tidak diinginkan  dan masih banyak lagi.

Biasanya Black Hat SEO digunakan oleh mereka yang ingin mencari keuntungan secara singkat dan cepat tanpa memperhatikan kebaikan bagi pengunjung.  

4. Jasa Layanan SEO

Jasa Layanan SEO menggunakan metode optimasi untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web dengan penerapan SEO yang baik dan tepat agar website/blog mendapat posisi yang baik pada hasil pencarian mesin pencari. Mereka akan membantu anda untuk mengoptimalkan website/blog agar menerapkan strategi yang tepat dalam hal SEO.

Jasa Layanan SEO akan membantu untuk memastikan bahwa situs anda bisa  diakses dengan baik oleh mesin pencari dan meningkatkan kemungkinan situs untuk mendapatkan peringkat tinggi. Penyedia layanan SEO biasanya menawarkan berbagai paket dan pilihan untuk optimisasi situs web, tergantung kebutuhan dan kemampuan anda.


Itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu SEO dan beberapa istilah yang berhubungan dengan SEO. Jika ada dari pembaca yang ingin menambah atau menyampaikan pendapat silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih :)


SEBELUMNYA
SELANJUTNYA

Seorang yang menyukai Blog dan Internet

0 komentar: